Cara Mengatasi Hp Panas Android (6 PENYEBAB dan SOLUSI) AMPUH

Cara Mengatasi Hp Panas Android (6 PENYEBAB dan SOLUSI) AMPUH

Hp panas memang terkadang menjadi problem bagi setiap orang, tentu masalah ini sangat menjengkelkan bukan? Berikut ini TanyaHp.com telah merangkum tips cara mengatasi hp panas untuk Android dan mungkin juga bisa diterapkan di hp dengan OS lain.

Adapun yang akan admin bahas pada artikel ini sebagian besar sudah admin praktekan sendiri, dan terbukti ampuh untuk mengatasi hp cepat panas.

Silahkan diikuti, tidak ada salahnya juga dan tentu cara-cara dibawah tidak ada dampak negatifnya bagi smartphone sobat, jadi aman deh dipraktekkan pokoknya.

Oke, daripada berlama-lama mending langsung kita mulai aja ya, berikut ini tips cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis semua merk mulai dari Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Infinix dan lainnya.

Cara Mengatasi Hp Panas Terampuh

Nah sebelum membahas ke bagaimana cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis, kita cari tahu terlebih dahulu apa aja sih penyebab hp panas dan boros baterai. Berikut ini penjelasannya.

Note: Ini menurut admin, berdasarkan apa yang admin ketahui

#1. Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Sobat pasti sering tuh buka tutup aplikasi, tapi tahukah sobat jika tidak semua aplikasi yang sobat tutup di smartphone sobat (terutama dengan sistem operasi Android) bisa saja tidak benar-benar berhenti?

Ya, tidak semua aplikasi yang sobat tutup itu berhenti secara sepenuhnya, contoh misalnya jika sobat bermain game terus keluar begitu saja dengan menekan tombol home, nah itu sebenarnya game tersebut masih tetap berjalan.

Itulah salah satu penyebab hp panas dan boros baterai. Tapi tenang, berikut ini solusi yang sangat sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

*** SOLUSI ***

  • Buka menu recent app dan swipe(geser) untuk mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Sebenarnya cara tersebut sudah selesai, namun untuk lebih memastikan aplikasi tersebut benar-benar berhenti sobat bisa ikuti langkah berikut:

  • Pergi ke Pengaturan(Setting) –> Aplikasi (application) –> cari aplikasi yang baru saja sobat matikan pada cara nomor #1 tadi dan klik force stop.

PENTING!!!:

Jangan pernah mematikan aplikasi-aplikasi yang sobat sendiri tidak tahu itu apa, karena fatal akibatnya, matikan saja aplikasi-aplikasi yang memang sobat tahu fungsi dan kegunaannya.

Jangan juga mematikan aplikasi media sosial karena nantinya jika sobat matikan maka sobat tidak akan mendapat notifikasi lagi dari aplikasi-aplikasi tersebut.

#2. Banyak Aplikasi Sampah yang Terpasang

Nah penyebab kedua menurut admin kenapa hp cepat panas adalah karena banyaknya aplikasi yang terinstall. Hal ini berpengaruh karena semakin banyak aplikasi yang terinstall tentu akan memberatkan sistem, dan sistem akan bekerja lebih keras.

Sistem yang bekerja lebih keras tentu akan mengonsumsi daya yang lebih besar dan smartphone akan mulai memproduksi panas, itulah kenapa hp sobat cepat panas dan boros baterai.

Biasanya aplikasi-aplikasi yang terinstall bisa jadi karena kesengajaan dan tidak kesengajaan. Kalau kesengajaan tentu aplikasi yang terinstall itu sesuai kehendak sobat.

Namun jika tidak sengaja bisa saja aplikasi terinstall setelah sobat mendownload sesuatu dari internet diluar Play Store yang mana didalamnya mengandung virus yang membuat smartphone sobat secara otomatis mengunduh dan menginstall aplikasi sendiri.

Hal inilah yang kebanyakan orang tidak sadar, sehingga aplikasi yang ada dismartphone mereka akan menumpuk dan imbasnya pada performa hp yang semakin lelet.

*** SOLUSI ***

  • Uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak berguna
    • caranya pergi ke Pengaturan –> Aplikasi (App) –> cari aplikasinya –> Copot Pemasangan (Uninstall)
  • Jika tiba-tiba ada aplikasi yang terinstall sendiri, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Install aplikasi Antivirus di hp sobat, untuk yang OSnya Android bisa cek daftar antivirus terbaik untuk Android
    • Setelah itu scan secara keseluruhan dan bersihkan file-file atau aplikasi yang terindikasi berbahaya.

Biar hp Android sobat tidak cepat panas, janganlah menginstall banyak aplikasi terutama aplikasi-aplikasi yang fungsinya sama.

Misalnya untuk video editor, jangan install banyak aplikasi, cukup 1 aplikasi saja yang menurut sobat paling baik. BTW untuk yang ingin tahu list editor video terbaik bisa cek artikel sebelumnya dengan judul TOP 7 Aplikasi Editor Video Terbaik Android, silahkan diklik.

#3. Bermain Game Nonstop

Nah penyebab yang nomor #3 ini biasanya dialami oleh para gamers. Untuk sobat yang hobi main game, tentu hp panas menjadi teman akrab ya sepertinya hahaha

Tapi, ada tips untuk sobat dalam mengurangi panas saat bermain game, berikut solusinya:

*** SOLUSI ***

  • Tutup semua aplikasi seperti poin #1 sebelum bermain game
  • Jika bermain game offline, ubah dulu jaringan ke mode pesawat
  • Istirahatkan hp sejenak ketika sudah dirasa mulai hangat

BTW, untuk sobat yang gamers banget, ada nih beberapa rekomendasi game Offline Terbaik Android yang dijamin seru-seru.

#4. Mengoperasikan Hp Saat Sedang diisi Daya

Penyebab hp cepat panas yang ke-3 adalah kebiasaan dalam mengoperasikan hp saat sedang diisi daya. Hal ini tentu tidak hanya membuat hp panas, melainkan juga membuat hp sobat cepat rusak.

Perlu dicatat, panas yang timbul saat pengisian daya itu hal yang normal, tapi kalau sobat menggunakan hp saat sedang diisi daya panasnya tentu akan meningkat dan membuat hp menjadi sangat panas.

*** SOLUSI ***

  • Solusinya ya gampang aja, jangan gunakan hp saat sedang diisi daya heheheh

#5. Memasang Hardcase

Untuk penyebab yang nomor 4 ini saya alami sendiri. Setelah saya memasang hardcase untuk hp saya, entah kenapa hp saya menjadi lebih cepat panas.

Mungkin karena panas yang seharusnya keluar malah terperangkap didalamnya, itu menurut admin loo. Tapi gatau kalau hardcase lain, apakah mengalami hal yang sama atau tidak.

*** SOLUSI ***

  • Copot hardcasenya
  • atau gunakan hardcase yang memang diperuntukkan atau dikeluarkan oleh developer untuk hp dengan tipe yang sobat miliki

#6. Berada dalam kondisi susah sinyal

Tahu nggak sobat kalau jika dalam kondisi sinyal yang sulit, hp sobat akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan itu akan membuat hp menjadi boros baterai dan suhunya meningkat.

Saya sebenarnya juga baru tahu itu dari dosen saya, dan kalau dilogika memang masuk akal sih.

*** SOLUSI ***

  • Ubah mode jaringan ke mode pesawat saat susah sinyal

Nah saya rasa cuma itu aja sih sob penyebab dan cara mengatasi hp panas, semoga bermanfaat ya, tidak ada salahnya mencoba cara-cara diatas, tidak ada ruginya juga hehehe

Sekian dan jangan lupa untuk cek artikel tips, trik, dan tutorial lainnya di TanyaHp.com, sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *