Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC [4 Tips AMPUH]

Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC [4 Tips AMPUH]

Kalian mungkin pernah merasakan khawatir dan takut waktu hp Android maupun Tablet kalian tiba-tiba bootloop dengan sendirinya. Mau gak mau pun kalian ya harus berusaha menangani sendiri bukan? Berikut ini TanyaHp.com akan berbagi tutorial cara mengatasi Hp Bootloop tanpa pc.

Bagi pengguna hp yang udah sering otak-atik hpnya kayak Rooting, Instal Custom ROM sendiri mah bukan masalah yang serius.

Namun, jika bootloop terjadi pada teman-teman yang tidak terlalu tahu tentang masalah ini pasti akan bingung karena hp yang semula kita mainin tiba tiba stuck di logo ataupun nama vendornya doang dan tidak bisa masuk ke sistem.

Apalagi jika bootloop terjadi waktu kita lagi ada urusan yang mendadak, pasti bakal deh pusing 100%.

Biasanya bootloop itu sendiri terjadi karena kalian pernah ngoprek hp android kalian dan terdapat kesalahan. Nah kesalahan itu adalah hal yang wajar bagi kalian yang ingin belajar lebih lanjut karena dengan itu kalian jadi tau dimana letak kesalahannya.

Dan kalian pun sudah tau gimana cara menindak lanjuti masalah ini jika terjadi hal yang serupa. Bootloop bahkan bisa terjadi pada saat kalian selesai meng-update software kalian, namun setelah di restart hp kalian tetap tidak masuk ke dalam sistem.

Sebelumnya, kita harus mengetahui macam-macam bootloop pada android, yaitu:

Macam-Macam Bootloop di Hp Android

1. Light Bootloop

Bootloop ini bisa terjadi karena kalian memainkan game ataupun membuka aplikasi yang terlalu berat yang menyebabkan hp kalian tiba tiba mati ataupun nge-hang dengan sendirinya.

Tapi jangan panik, karena kalian cukup lakukan adalah me-restart hp android kalian. Atau kalian bisa melepas baterai hp android kalian dan menunggu kira kira 5 menit. Kemudian pasang lagi dan nyalakan kembali hp android kalian.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Hp Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Penyebab [5 Cara AMPUH]

2. Medium Bootloop

Bootloop ini terjadi pada saat mengoprek atau mengutak-atik hp android dan sering terjadi setelah dilakukannya flashing rom. Namun, bootloop jenis ini masih bisa masuk ke recovery mode.

Jika bootloop ini terjadi, kalian cukup flash ROM yang lain atau kalian bisa juga merestore stock ROM kalian.

3. Hard Bootloop

Bootloop ini termasuk salah satu yang paling parah karena kalian pernah mencoba untuk memodifikasi OS maupun scriptnya.

Cara terbaik menurut kami yaitu kalian bawa hp android kalian ke service center untuk ditindak lanjuti namun kalian jangan bilang kalo hp kalian rusak karena kalian yang utak-atik ya.

Nah, setelah kalian paham dengan 3 macam bootloop diatas, mari kita lanjut di pembahasan cara mengatasi hp bootlop tanpa PC.

Cara mengatasi HP bootloop tanpa PC

Oh ya sekedar menginfokan, tutorial ini bisa dicoba untuk semua merek hp Android, entah itu Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, atau merek lainnya.

Oke langsung saja simak tutorial cara mengatasi Android Bootloop tanpa PC…

1. Tunggu HP Android kalian meninggal

Salah satu cara mengatasi hp Bootloop tanpa pc yang paling mudah yaitu menunggu hasil booting selesai sekitar kurang lebih 2 jam, atau ketika hp android kalian habis baterai.

Dikatakan mudah karena proses ini hanya menggunakan teknik kesabaran yaitu menunggu saja.

2. Restart atau Melepas Baterai

Cara selanjutnya adalah me-restart hp android kalian dan coba nyalakan kembali. Jika langkah tersebut tidak bisa, kalian bisa melepas baterai hp android kalian dan menunggu sekitar 5 menit.

Setelah itu pasang kembali baterai dan nyalakan hp android kalian.

3. Wipe data / Factory Reset

Cara ini mungkin agak awam bagi para pengguna hp android yang tidak terlalu peduli dengan utak-atik. Namun, cara ini bisa sangat ampuh untuk mengatasi hp bootloop tanpa PC. Pastikan kalian memenuhi cara-cara berikut untuk keamanan hp android kalian :

  • Baterai minimal 75% atau sambil di-charge untuk menghindari baterai habis pada saat kalian factory reset.
  • Matikan hp android kalian.
  • Masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol volume up + volume down + tombol power secara bersamaan. Perlu diingat juga, setiap hp memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke dalam recovery mode. Kalian bisa search jika tidak mengetahui cara masuknya.
  • Gunakan volume up untuk mengarahkan kursor ke atas dan volume down untuk mengarahkan kursor ke bawah.
  • Kemudian arahkan kursor ke wipe data/factory reset kemudian tekan tombol power sebagai ‘enter’.
  • Setelah itu pilih Yes – delete all user data. Setelah itu proses reset terjadi dan akan muncul informasi jika proses reset telah selesai.
  • Jika hp android kalian tidak restart secara otomatis, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memilih opsi reboot system now dan tekan tombol power.
BACA JUGA  Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti [100% Solved]

Nah, itu dia macam-macam bootloop dan cara mengatasi hp bootloop tanpa PC. Mudah kan? Intinya, bootloop bisa terjadi karena kesalahan dari pihak manusia dan bisa juga terjadi karena kesalahan pada softwarenya.

Jadi, jangan pernah panik ketika hp android kalian tiba-tiba bootloop yaa. Jika kalian memiliki solusi yang berbeda dari yang diatas kalian bisa menuliskan di kolom komentar dibawah ini. Peace!.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *